Meningkatkan Kemampuan Perkalian melalui Desain Pembelajaran Matematika Realistik
Meningkatkan Kemampuan Perkalian melalui Desain Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV MIN 2 Kotabaru Tahun Pelajaran 2022/2023

Pengajaran matematika bukan hanya memberi instruksi dan konsep abstrak kepada siswa untuk memahami simbol-simbol, tetapi juga terkait dengan nilai sosial budaya yang berhubungan dengan tingkatan pembelajarannya. Siswa mulai belajar setelah mengalaminya pada level konkret. Pendekatan inilah yang kemudian dikenal dengan Realistic Mathematics Education atau PMR. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuanperkalian melalui desain PMR pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kotabaru TP.2022/2023. Penelitian ini mengikuti ketentuan-ketentuan penelitian tindakan kelas dan terdiri dari tiga siklus kegiatan belajar mengajar. Desain pembelajaran dirancang berdasarkan pendekatan PMR. Data dikumpulkan dari tes, observasi kelas, dan hasil kerja siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan visualisasi data dari software Microsoft Excel 2021 dan Tableau Desktop 2022.2 Public Edition. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya desain pembelajaran ini berhasil meningkatkan kemampuan perkalian yang diukur menggunakan daftar hasil tes meningkat dari rata-rata skor tes 76 menjadi 91 dan rata-rata kemampuan siswa secara klasikal mencapai 84%.

DOI: 

http://widyaborneo.kemenag.go.id/index.php/widyaborneo/article/view/229

Tinggalkan Balasan