Guru MIN 2 Kotabaru Lakukan Pengimbasan Pelatihan Madrasah Pandai Berhitung Melalui Pembelajaran Metode Gasing

Tanjung Seloka, Selasa 15 Oktober 2024

Tanjung Seloka (MIN 2 Kotabaru) – Siti Norbayah, S. Pd melakukan kegiatan pengimbasan kepada guru dan karyawan MIN 2 Kotabaru terkait pelatihan Madrasah Pandai Berhitung menggunakan Metode Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan). Kegiatan pengimbasan ini dilaksanakan di ruang kelas II B pada Selasa (15/10/2024).

Setelah sebelumnya, beliau telah mengikuti pelatihan madrasah Pandai Berhitung menggunakan Metode Gasing yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalimantan Selatan selama 3 hari dari tanggal 16 – 18 Agustus 2024 di Hotel Delima Banjarmasin.

Kegiatan dibuka dengan pemberian pre test penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian tanpa berhitung dan tanpa coret-mencoret. Kemudian penyampaian pengenalan bilangan dengan metode gasing menggunakan metode konkret dan metode abstrak. Metode konkret dengan menggunakan benda/gambar sedangkan metode abstrak menggunakan lambang bilangan. Materi yang disampaikan adalah pengenalan metode gasing dan penjumlahan metode gasing.

Hayatul Muslimah, Salah satu guru MIN 2 Kotabaru, mengemukakan bahwa menghitung dengan metode gasing dapat membuka wawasan baru terkait perhitungan matematika. Sehingga matematika menjadi lebih mudah untuk diterapkan  kepada siswa. Harapannya matematika tidak lagi menjadi momok bagi siswa.

“Awalnya kami merasa kesulitan ketika diberikan pre tes, karena kami terbiasa mengajarkan soal matematika coret-mencoret. Namun setelah diberikan penjelasan, Alhamdulillah mudah memahaminya “jelas Hayatul Muslimah.

Irham, selaku kepala Madrasah memberikan dukungan terkait pelaksanaan pengimbasan pelatihan ini. Program tersebut juga merupakan program prioritas dalam fakta integritas kepala madrasah. Beliau menegaskan agar semua guru dan karyawan mengikuti kegiatan pengimbasan sampai selesai.

“Pengimbasan pelatihan berhitung dengan metode gasing menjadikan perhitungan matematika menjadi lebih mudah. Harapannya dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika,” jelas Irham. Beliau juga memberikan tugas kepada guru untuk menyusun skenario pembelajaran dengan menggunakan metode gasing dan menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.

Guru dan Karyawan MIN 2 Kotabaru antusias mengikuti kegiatan pengimbasan ini, karena merupakan hal baru dalam perhitungan.

Penulis: Rabbi

Foto: Tim Humas MIN 2 Kotabaru

Editor/Redaktur:

Tinggalkan Balasan